StaffSite Gunadarma

StaffSite Gunadarma
Staffsite Gunadarma

Selasa, 18 Juni 2019

Etika Bisnis Norma dan Etika Dalam Pemasaran, Produksi Manajemen, Sumber Daya Manusia, dan Financial Norma


Norma adalah kumpulan kaidah-kaidah sebagai pedoman hidup manusia guna memperoleh ketertiban serta kedamaian di dalam masyarakat. Penerapan norma sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat agar dapat tercipta masyarakat yang aman, tertib serta terwujudnya perasaan nyaman pada setiap anggota masyarakat.
Norma dan Etika Bidang Pemasaran
1. Etika pemasaran dalam konteks produk :
 Produk yang dibuat berguna dan dibutuhkan masyarakat
 Produk yang dibuat berpotensi ekonomi atau benefit 
 Produk yang dibuat bernilai tambah tinggi
 Produk yang dapat memuaskan masyarakat
2.Etika pemasaran dalam konteks harga :
 Harga diukur dengan kemampuan daya beli masyarakat
 Perusahaan mencari margin laba yang layak 
 Harga dibebani cost produksi yang layak 
3.Etika pemasaran dalam konteks tempat / distribusi :
Barang dijamin keamanan dan keutuhannya.
Konsumen mendapat pelayanan cepat dan tepat
Etika Pemasaran dalam konteks promosi :
Sebagai sarana menyampaikan in!ormasi yang benar dan obyekti! 
Sebagai sarana untuk membangun image positi! 
Tidak ada unsur memanipulasi atau memberdaya konsumen
Selalu berpedoman pada prinsip#prinsip kejujuran
Tidak mengecewakan konsumen
Etika Produksi
Etika produksi adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan tentang benar dan salahnya hal hal yang dilakukan dalam proses produksi atau dalam proses penambahan nilai guna barang.
Etika produksi yang diperhitungkan adalah :
1.      Nilai (aturan main yang dibuat pengusaha dan menjadi patokan berbisnis
2.      Hak dan kewajiban (Menerima dan menggaji karyawan, membayar pajak dan sebagainya2)
3.      Peraturan moral (Peraturan moral menjadi acuan tertulis yang sangat penting bagi  pengusaha ketika mengalami dilema atau permasalahan baik internal atau eksternal).
4.      Hubungan manusia (memprioritaskan perekrutan karyawan dari masyarakat di sekitar perusahaan, menghargai hak cipta)
5.      Hubungan dengan alam *ikut mengelola lingkungan hidup dan mengelola limbah sisa hasil produksi2

Manajemen SDM dan Financial
Dalam kegiatannya untuk mencapai keuntungan maksimal perusahaan harus mempertimbangkan jumlah arus kas masuk dan arus kas keluar serta mengetahui apakah perusahaan mampu bertahan di dalam kondisi globalisasi, mengingat laporan keuangan perusahaan sangatlah penting bagi perusahaan. adapun manfaat dari etika bisnis dalam manajemen SDM yaitu:
1.      Dapat mengetahui laporan keuangan yang disajikan transparan, kredibel, dan akuntabilitas
2.      Dapat melihat keadaan perusahaan apakah berjalan dengan baik atau tidak
3.      Untuk memberikan data kepada pihak internal dan eksternal
4.      Untuk mengihindari tindak korupsi, dengan adanya data keuangan dapat diketahui sumber-sumber dana yang di dapat serta aktivitas-aktivitas biaya apa saja yang dijalankan
5.      Dengan adanya etika bisnis, maka perusahaan semakin di percaya oleh pihak pemegang saham maupun masyarakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar