StaffSite Gunadarma

StaffSite Gunadarma
Staffsite Gunadarma

Rabu, 06 November 2019

Pelanggan Pemasaran Global


­­Makalah Pelanggan Pemasaran Global







Nama
:
Asri Novita (11216145)
Kelas
:
 4EA10




JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019





BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
            Pada zaman yang serba modern saat ini dengan kecanggihan tekhnologi informasi mendorong seluruh penggiat bisnis untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi modernisasi atau yang lebih dikenal dengan Era Globalisasi. Seluruh perusahaan dihadapkan pada lingkungan bisnis global dengan persaingan yang sangat kompetitif.
            Globalisasi ekonomi tidak hanya meningkatkan pertambahan pesaing di pasar, tetapi juga menambah bervariasinya persaingan yang ada di pasar. Perkembangan teknologi informasi seperti jaringan internet, dan teknologi digital lainnya membuka celah pemasaran/distribusi produk yang tidak terbatas pada ruang, tempat, dam waktu. Jaringan dan teknologi digital lainnya ini, juga memungkinkan pertukaran informasi baik mengenai produk, produsen, maupun costumer secara global dan menyeluruh. Hal tersebut dapat diakses oleh pelaku ekonomi dengan mudah sehingga transaksi bisnis tidak lagi terpaku melalui kertas tapi bisa dilaksanakan melalui jalan raya elektronik dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakannya seperti shared database, electronic fund transfer, electronic data incharge, electronic commerce, dsb. Oleh karena itu, mobilitas ekonomi pun semakin cepat dan kompetitif.




BAB II
PEMBAHASAN



Pengertian Pemasaran Global
       Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya (manusia, uang, aset fsik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global. Pasar demikian biasanya tercipta karena adanya konsumen yang lebih menyukai produk standar , harga murah, dan karena adanya perusahaan global yang memanfaatkan jaringan operasi dunia mereka untuk bersaing dipasar-pasar global.
Dimensi-dimensi utama dalam pemasaran global:
1.      Lingkungan pemasaran global
  1. Segmentasi pasar global
  2. Pemasaran dengan sasaran global
  3. Merumuskan strategi dan rencana pemasaran global
  4. Bauran pemasaran global
  5. Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global
Pemasaran yang sukses yang bergantung pada seberapa kuat hal itu bertumpu pada hal-hal yang fundamental. Tetapi bukan berarti semua prinsip marketing adalah sama, memang skenario pemasaran yang berbeda membutuhkan tak tik yang berbeda pula. Mengetahui perbedaan ini sama juga mengetahui perbedaan antara sukses dan kegagalan.

Isu – Isu Pemasaran Global
            Dalam ajang pemasaran global setidaknya ada empat isu sentral yang patut mendapatkan pusat perhatian serius dalam pemasar yaitu:
1.      Standarisasi Versus Adaptasi
Standarisasi Versus Adaptasi bukan hanya menyangkut aspek produk dan merk, namun juga unsur bauran pemasaran lainnya seperti distribusi, promosi, dan harga. Dalam konteks global branding keunggulan dan kelemahan melakukan standarisasi versus adaptasi.
2.      Sensitivitas Cultural
Perbedaan budaya merupakan faktor yang paling signifikan sekaligus masalah paling pelik yang dihadapi perusahaan multinasional. Ketidakmampuan pemasar memahami dalam mengapresiasi faktor ini kerap kali berujung pada kegagalan internasional.
3.      Nasionalisme
Dalam pemasaran global kerap kali dijumpai adanya strategi typing tentang sikap terhadap produk buatan luar negri. Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa evaluasi yang dilakukan konsumen atas suatu produk tertentu tidak hanya didasarkan pada daya tarik dan karakteristik fisik produk saja, tetapi juga berdasarkan negara asalnya.
Konsep Pemasaran Global
          Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar. Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat.
1.    Kebutuhan, Keinginan, dan permintaan
Adanya perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukur dalam manusia. Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya.
2.    Produk
Produk adalah suatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang diberikan. Oleh harena itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk.
3.    Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai, Biaya dan Kepuasan
Adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap produk memiliki kemapuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi.
4.    Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
Pertukaran adalah proses. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran transaksi maka hubungan yang baik saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok akan membangun suatu ekonomi yang baik.
5.    Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlahpembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
6.    Pemasaran dan pemasar
Pemasaran dan Pemasar adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yangmungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah orang yang mencari sumber dayadari orang lain dan mau menanarkan sesuatu yang bernilaiuntuk itu. Kalau satu pihak lebih aktiF mencari pertukaran dari pada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.

Contoh Perusahaan Indonesia Yang Berhasil Pada Pasar Global
  • Bio Farma
Perusahaan yang berbasis di sektor farmasi dan pencegahan penyakit ini harus menjadi kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, BUMN ini termasuk dalam 30 perusahaan farmasi di dunia yang dapat mengekspor vaksin ke 131 negara. Bio Farma memang tergantung pada pasar global dalam proses produksinya, dengan 65% produknya diekspor ke berbagai negara.
Sudah aktif selama 124 tahun, perusahaan global ini terus berinovasi di bidang vaksin. Pada 2015, Bio Farma diberi izin oleh WHO (World Health Organization) untuk mengekspor vaksin Pentavalent di seluruh dunia. Vaksin ini agak inovatif, karena merupakan kombinasi dari enam vaksin dasar seperti difteri, polio, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan juga Haemophylus influenza B. Dengan temuan ini, imunisasi yang dilakukan pada bayi tidak perlu sebanyak 9 kali seperti biasa, tetapi hanya perlu 3 kali.



BAB III


KESIMPULAN

Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya(manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memasukidunia pasar global yaitu, memutuskan untuk berekspansi ke luar negeri, memutuskan pasar mana yang akan dimasuki (berapabanyak pasar yang akan dimasuki, dan bagaimana pasar negaramaju versus pasar negara berkembang), dan mengevaluasi pasar potensial
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar