Makalah Pelanggan Pemasaran Global
Nama
|
:
|
Asri Novita (11216145)
|
Kelas
|
:
|
4EA10
|
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada zaman
yang serba modern saat ini dengan kecanggihan tekhnologi informasi mendorong
seluruh penggiat bisnis untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi modernisasi
atau yang lebih dikenal dengan Era Globalisasi. Seluruh perusahaan dihadapkan
pada lingkungan bisnis global dengan persaingan yang sangat kompetitif.
Globalisasi
ekonomi tidak hanya meningkatkan pertambahan pesaing di pasar, tetapi juga
menambah bervariasinya persaingan yang ada di pasar. Perkembangan
teknologi informasi seperti jaringan internet, dan teknologi digital lainnya
membuka celah pemasaran/distribusi produk yang tidak terbatas pada ruang,
tempat, dam waktu. Jaringan dan teknologi digital lainnya ini, juga
memungkinkan pertukaran informasi baik mengenai produk, produsen, maupun
costumer secara global dan menyeluruh. Hal tersebut dapat diakses oleh pelaku
ekonomi dengan mudah sehingga transaksi bisnis tidak lagi terpaku melalui
kertas tapi bisa dilaksanakan melalui jalan raya elektronik dengan menggunakan
fasilitas-fasilitas yang disediakannya seperti shared database, electronic fund
transfer, electronic data incharge, electronic commerce, dsb. Oleh karena itu,
mobilitas ekonomi pun semakin cepat dan kompetitif.
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Pemasaran Global
Pemasaran global adalah proses menfokuskan
sumber daya (manusia, uang, aset fsik) dan
tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global. Pasar demikian biasanya tercipta karena adanya konsumen yang lebih
menyukai produk standar , harga murah, dan karena adanya perusahaan global yang
memanfaatkan jaringan operasi dunia mereka untuk bersaing dipasar-pasar global.
Dimensi-dimensi
utama dalam pemasaran global:
1. Lingkungan pemasaran global
- Segmentasi pasar global
- Pemasaran dengan sasaran global
- Merumuskan strategi dan rencana pemasaran global
- Bauran pemasaran global
- Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global
Pemasaran
yang sukses yang bergantung pada seberapa kuat hal itu bertumpu pada hal-hal
yang fundamental. Tetapi bukan berarti semua prinsip marketing adalah sama,
memang skenario pemasaran yang berbeda membutuhkan tak tik yang berbeda pula.
Mengetahui perbedaan ini sama juga mengetahui perbedaan antara sukses dan
kegagalan.
Isu
– Isu Pemasaran Global
Dalam ajang pemasaran global
setidaknya ada empat isu sentral yang patut mendapatkan pusat perhatian serius
dalam pemasar yaitu:
1.
Standarisasi Versus Adaptasi
Standarisasi Versus Adaptasi
bukan hanya menyangkut aspek produk dan merk, namun juga unsur bauran pemasaran
lainnya seperti distribusi, promosi, dan harga. Dalam konteks global branding
keunggulan dan kelemahan melakukan standarisasi versus adaptasi.
2.
Sensitivitas Cultural
Perbedaan budaya merupakan
faktor yang paling signifikan sekaligus masalah paling pelik yang dihadapi
perusahaan multinasional. Ketidakmampuan pemasar memahami dalam mengapresiasi
faktor ini kerap kali berujung pada kegagalan internasional.
3.
Nasionalisme
Dalam pemasaran global kerap
kali dijumpai adanya strategi typing tentang sikap terhadap produk buatan luar
negri. Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa evaluasi yang dilakukan
konsumen atas suatu produk tertentu tidak hanya didasarkan pada daya tarik dan
karakteristik fisik produk saja, tetapi juga berdasarkan negara asalnya.
Konsep
Pemasaran Global
Pemasaran global adalah pemasaran
berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha tak
terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam
mengembangkan pasar. Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan
oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin
berat.
1.
Kebutuhan,
Keinginan, dan permintaan
Adanya perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan
manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar.
Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan
terukur dalam manusia. Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari
kebutuhan tersebut. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang
didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya.
2.
Produk
Produk adalah suatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau
keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada
kepelikannya tetapi pada jasa yang diberikan. Oleh harena itu dalam membuat
produk harus memperhatikan produk.
3.
Nilai,
Biaya dan Kepuasan
Nilai, Biaya dan Kepuasan
Adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk
memenuhi kebutuhannya. Setiap produk memiliki kemapuan berbeda untuk memenuhi
kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi
kepuasan total paling tinggi.
4.
Pertukaran,
Transaksi dan Hubungan
Pertukaran adalah proses. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu
pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Transaksi
merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran transaksi maka
hubungan yang baik saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur dan
pemasok akan membangun suatu ekonomi yang baik.
5.
Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang
memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu
serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlahpembeli dan penjual melakukan
transaksi pada suatu produk.
6. Pemasaran dan pemasar
Pemasaran
dan Pemasar adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan
pasar, pemasaran
maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi
yangmungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan
dan keinginan manusia.
Pemasaran adalah orang yang mencari sumber dayadari orang lain dan mau menanarkan sesuatu yang bernilaiuntuk itu. Kalau satu pihak lebih aktiF mencari
pertukaran dari pada pihak lain, maka
pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah
calon pembeli.
Contoh
Perusahaan Indonesia Yang Berhasil Pada Pasar Global
- Bio Farma
Perusahaan
yang berbasis di sektor farmasi dan pencegahan penyakit ini harus menjadi
kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, BUMN ini termasuk dalam 30 perusahaan
farmasi di dunia yang dapat mengekspor vaksin ke 131 negara. Bio Farma memang
tergantung pada pasar global dalam proses produksinya, dengan 65% produknya
diekspor ke berbagai negara.
Sudah
aktif selama 124 tahun, perusahaan global ini terus berinovasi di bidang
vaksin. Pada 2015, Bio Farma diberi izin oleh WHO (World Health Organization)
untuk mengekspor vaksin Pentavalent di seluruh dunia. Vaksin ini agak inovatif,
karena merupakan kombinasi dari enam vaksin dasar seperti difteri, polio,
pertusis, tetanus, hepatitis B, dan juga Haemophylus influenza B. Dengan temuan
ini, imunisasi yang dilakukan pada bayi tidak perlu sebanyak 9 kali seperti
biasa, tetapi hanya perlu 3 kali.
BAB III
KESIMPULAN
Pemasaran global adalah proses menfokuskan
sumber daya(manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu
organisasi untuk
memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memasukidunia pasar global yaitu, memutuskan untuk berekspansi
ke luar negeri, memutuskan pasar mana yang akan dimasuki (berapabanyak pasar yang akan
dimasuki, dan bagaimana pasar negaramaju versus pasar negara berkembang), dan mengevaluasi
pasar potensial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar